Jumat, 05 November 2010

ilmu komputer

1. yang dimaksud dengan :
a. pemodelan data adalah suatu tehnik untuk mengatur dan mendokumentasikan data system sering disebut pemodelan data base
b. pemodelan proses adalah tehnik yang digunakan untuk mengelolah dan mendokumentasikan proses system, yaitu: aliran data melalui proses sistim, logika, kebijakan, prosedur yang akan di implementasikan oleh proses sistim
c. pemodelan object adalah tehnik untuk mengidentifikasi objek didalam lingkungan system dan mengidentifikasi hungan antara objek – objek tersebut
d. pemodelan bisnis adalah aliran informasi yang dimodelkan dengan menjawab pertanyaan : system apa yang mempengaruhi proses bisnis? Informasi apa yang mempengaruhi proses bisnis? Informasi apa yang dimunculkan ? siapa yang memunculkanany? Kemana informasi tersebut diberikan? Siapa yang memprosesnya.
e. Prototyping adalah tehnik untuk membangun dengan cepat sebuah model sistim informasi yang fungsional tapi tidak lengkap dengan mengunakan peralatan pengembangan aplikasi
2. tehnik – tehnik penemuan fakta
a. sampling adalah proses mengumpulkan sample dokumen, form, dan record yang representative
b. observasi adalah tehnik penemuan fakta dimana analisis system turut berpartisifasi atau menyaksikan seseorang yang sedang melakukan aktivitas untuk mempelajari system
c. kuisioner adalah tehnik yang melakukan surve melalui document yang bertujuan khusus yang mengijinkan analisis untuk mengumpulkan informasi dan pendapat dari responden
3. fase – fase pengembangan system dasar dan tradisional berikut ini:
a. defenisi lingkup
• problem statement ( pernyataan masalah ) pandangan umum yang di ungkapkan dengan jelas dan singkat tentang masalah, kesempatan.dan atau perintah yang memicu proyek
• scope dan vision lingkkup masalah yang ditetapkan dari tahap ini menyatakan seberapa besar ini aka dilaksanakan. Dengan adanya lingkup seperti ini maka analisis dapat menentukan team proyek, estimasi biaya, dan meyiapkan jadwal untuk tahap ¬– tahap berikutnya
b. analisis persyratan
tujuan perbaikan sistem dapat disajikan kepada para pemilik dan pengguna system sebagai rekomendasi tertulis atau presentase lisan.
c. disain logis
penerjemah persyarata – persyaratan penguna bisnis kedalamsebuah model system yang menggambarkan hanya persyratan – persyaratan bisnis dan bukan disain teknis atau implementasi persyaratan – persyaratan tersebut.
d. disain fisik
• disain dengan spesifikasi
model – medel system fisik atau spesifikasi – spesifikasi terinci dihasilkan sebagai serangkaian cetak biru tertulis untuk dikontruksi.
• Desain dengan prototyping (pembuatan prototype)
Aplikasi-aplikasi atau subsistem-subsistem (disebut prototype) yang tidak lengkap tetapi fungsional dikonstruksikan dan disempurnakan berdasarkan umpan balik dari para pengguna dan desainer sistem lain.
e. Konstruksi dan pengujian
• Dokumentasi final
Misalnya, sistem bantuan, manual pelatihan, dukungan help desk, intstruksi kontrol produksi akan dikembangkan sebagai persiapan pelatihan dan operasi sistem.
• Sistem fungsional
Menunjukkan bahwa produk jadi primer yang akan diimplementasikan.
f. Instalasi dan perawatan
• Sistem operasional
Pembangun sistem menginstal sistem dari lingkungan pengembangannya ke dalam lingkungan produksi. Para analis harus melatih para pengguna sistem, menuliskan berbagai macam manual pengguna dan kontrol produksi
Digunakan untuk menggambar model-model sistem yang dibutuhkan atau dianjurkan dalam kebanyakan metodologi pengembangan sistem.
• Peralatan kamus (dictionary tool)
Digunakan untuk merekam, menghapus, mengedit, dan meng-output dokumentasi dan spesifikasi-spesifikasi terinci.
• Peralatan desain (design tool)
Digunakan untuk mengembangkan maket komponen-komponen sistem seperti input dan output.
• Peralatan kualitas manajemen (quality management tool)
Menganalisis model, deskripsi dan spesifikasi, dan desain sistem untuk kelengkapan, konsistensi, dan kesesuaian aturan-aturan metodologi yang telah diterima.
• Peralatan dokumentasi (documentation tool)
Digunakan untuk merakit, mengorganisasi, dan melaporkan tentang model, deskripsi dan spesifikasi, dan prototype sistem yang dapat ditinjau ulang oleh para pemilik, pengguna, desainer, dan pembangun sistem.
• Peralatan desain dan generator kode (design and code generator tool)
Secara ototmatis menghasilkan desain-desain database dan program-program aplikas atau bagian-bagian signifikan dari program-program tersebut.

4.

DIAGRAM PENYIMPANAN DATA DEPARTEMEN, KARYAWAN & PROYEK

5.



Entititas :
merupakan pihak di dalam atau di luar organisasi (bisa orang atau organisasi) yang mengirimkan input ke sistem atau menerima output dari sistem
menunjukkan batasan dari sistem
tidak sama dengan entitas dalam basis data
Seperi : Orang : Custumer
Tempat : Kampus




Proses :
suatu kegiatan yang menghasilkan sesuatu melalui system yang berlaku.
pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan terhadap data yang masuk (input) untuk menghasilkan data keluaran (output)
proses hanya menunjukkan kegiatannya saja, tidak merujuk orang/pihak yang melakukan
contoh: proses pembayaran, proses cetak KRS, dll

Contoh : Proses Pembayaran.



Penyimpanan :
suatu tempat yang berguna untuk menyimpan data yang telah diproses pada system.
merupakan kumpulan data
bisa berupa file atau basis data tapi tidak selalu berupa file atau basis data
contoh: file Mahasiswa, data KRS, dll

Contoh : Data Custumer (No_ID, Alamat, No_HP)

ALIRAN DATA
Aliran Data :
Data yang akan dikirim ke tempat/field yang membutuhkan.
menyatakan data masukan ke suatu proses atau data keluaran dari suatu proses
dapat juga menyatakan update data dalam suatu file, basis data atau simpanan data yang lain.
contoh: Matakuliah yang diambil, Jumlah yang dibayarkan, Saldo terakhir, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar